Setelah kelahiran anak, dianjurkan bagi orangtua atau wali dan orang di
sekitarya melakukan hal-hal berikut:
1. Menyampaikan kabar gembira dan ucapan selamat atas kelahiran.
Begitu melahirkan, sampaikanlah kabar gembira ini kepada keluarga dan
sanak famili, sehingga semua akan bersuka cita dengan berita gembira ini.
Firman Allah 'Azza Wa Jalla tentang kisah Nabi IbrÉhÊm 'AlaihissalÉm bersama
malaikat: "Dan isterinya berdiri (di balik tirai lalu dia tersenyum.
Maka Kami sampaikan kepadanya berita gembira tentang (kelahiran) IshÉq dan dari
lshaq (akan lahir puteranya) Ya 'qËb. " (QS; Hud : 71). Dan firman
Allah tentang kisah Nabi Zakariya 'AlaihissalÉm: "Kemudian malaikat
Jibril memanggil Zakariya, sedang ia tengah berdiri melakukan shalat di mihrab
(katanya): "Sesungguhnya Allah mengembirakan kamu dengan kelahiran
(seorang puteramu ) Yahya " (QS; Ali Imran: 39). Adapun tahni'ah
(ucapan selamat), tidak ada nash khusus dari Rasul dalam hal ini, kecuali apa
yang disampaikan Aisyah Radhiyallahu 'Anha: "Rasulullah Shallallahu
'alaihi wasalam apabila dihadapkan kepada beliau anak-anak bayi, maka beliau
mendo'akan keberkahan bagi mereka dan mengolesi langit-langit mulutnya (dengan
korma atau madu )" ( Hadits riwayat Muslim dan AbË DÉud).
AbË Bakar bin Al MundzÊr menuturkan: Diriwayatkan kepada kami dari Hasan
Basri, bahwa seorang laki-laki datang kepadanya sedang ketika itu ada orang
yang baru saja mendapat kelahiran anaknya. Orang tadi berkata: Penunggang kuda
menyampaikan selamat kepadamu. Hasan pun berkata: Dari mana kau tahu apakah dia
penunggang kuda atau himar? Maka orang itu bertanya: Lain apa yang mesti kita
ucapkan. Katanya: Ucapkanlah: "Semoga berkah bagimu dalam anak, yang diberikan
kepadamu, Kamu pun bersyukur kepada Sang Pemberi, dikaruniai kebaikannya, dan
dia mencapai kedewasaannya"[1]
2. Menyerukan ÉdzÉn di telinga bayi.
Selain sebagai pemberitahuan akan shalat, ÉdzÉn juga disunnahkan untuk
selain shalat dengan tujuan ‘tabarrukan’.[2] Pandangan ini
dianut para ‘fuqahÉ-SyÉfi’iyah’ yang mengatakan; “Disunnahkan
mengumandangkan ÉdzÉn di telinga bayi saat ia dilahirkan, di telinga orang yang
sedang ragu (gundah), di belakang pengelana, disaat kebakaran, di waktu
berkumpulnya pasukan (militer/perang), disaat marah, bagi yang buruk
perangainya (manusia/binatang), dan juga saat diturunkannya mayit ke dalam
liang lahat sebagai pertanda awal ia memasuki dunia baru”.[3]
Pandangan tersebut berangkat dari hadÊts-hadÊts sebagai berikut;
رَوَى أَبُو رَافِعٍ: "رَأَيْتُ
النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَذَّنَ فِي أُذُنِ الْحَسَنِ حِينَ
وَلَدَتْهُ فَاطِمَةُ"،[4]
AbË Rafi' Radhiyallahu 'Anhu menuturkan: "Aku melihat Rasulullah
memperdengarkan ÉdzÉn pada telinga Hasan bin AlÊ ketika dilahirkan
Fatimah"
رُوِيَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: (مَنْ وُلِدَ لَهُ مَوْلُودٌ فَأَذَّنَ فِي أُذُنِهِ
الْيُمْنَى وَأَقَامَ فِي الْيُسْرَى لَمْ تَضُرَّهُ أُمُّ الصِّبْيَانِ)[5]
وَرَوَى أَبُو هُرَيْرَةَ أَنَّ النَّبِيَّ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: (إِنَّ الشَّيْطَانَ إِذَا نُودِيَ
بِالصَّلاةِ أَدْبَرَ)[6]
AbË Hurairah Meriwayatkan bahwa nabi S.a.w. bersabda: "Jika
diserukan adzan untuk shalat, syaitan lari terbirit-birit dengan mengeluarkan
kentut sampai tidak mendengar seruan adzan"
Hikmahnya, Wallahu A'lam, supaya adzan yang berisi pengagungan Allah dan
dua kalimat syahadat itu merupakan suara yang pertama kali masuk ke telinga
bayi. Juga sebagai perisai bagi anak, karena adzan berpengaruh untuk mengusir
dan menjauhkan syaitan dari bayi yang baru lahir, yang ia senantiasa berupaya
untuk mengganggu dan mencelakakannya.
وَقَدْ ذَكَرَ الْحَنَابِلَةُ مَسْأَلَةَ
الأَذَانِ فِي أُذُنِ الْمَوْلُودِ فَقَطْ وَنَقَلَ الْحَنَفِيَّةُ مَا ذَكَرَهُ
الشَّافِعِيُّ وَلَمْ يَسْتَبْعِدُوهُ ، قَالَ ابْنُ عَابِدِينَ : لأَنَّ مَا
صَحَّ فِيهِ الْخَبَرُ بِلا مُعَارِضٍ مَذْهَبٌ لِلْمُجْتَهِدِ وَإِنْ لَمْ
يَنُصَّ عَلَيْهِ ، وَكَرِهَ الإِمَامُ مَالِكٌ هَذِهِ الأُمُورَ وَاعْتَبَرَهَا
بِدْعَةً ، إِلا أَنَّ بَعْضَ الْمَالِكِيَّةِ نَقَلَ مَا قَالَهُ الشَّافِعِيَّةُ
ثُمَّ قَالُوا : لا بَأْسَ بِالْعَمَلِ بِهِ[7]
3. TahnÊk (Mengolesi langit-langit mulut).[8]
TahnÊk sangat dianjurkan saat menerima kelahiran bayi.
عَنْ أَبِي مُوسَى رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا
قَالَ : " وُلِدَ لِي غُلامٌ فَأَتَيْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
فَسَمَّاهُ إِبْرَاهِيمَ وَحَنَّكَهُ بِتَمْرَةٍ "
Abu Musa menuturkan: "Ketika aku dikaruniai seorang anak
laki-laki, aku datang kepada Nabi, maka beliau menamainya Ibrahim, mentahniknya
dengan korma dan mendo'akan keberkahan baginya, kemudian menyerahkan
kepadaku".[9]
Tahnik mempunyai pengaruh kesehatan sebagaimana dikatakan para dokter.
Dr. Faruq Masahil dalam tulisan beliau yang dimuat majalah Al Ummah, Qatar,
edisi 50, menyebutkan:
"Tahnik dengan ukuran apapun merupakan
mu'jizat Nabi dalam bidang kedokteran selama empat belas abad, agar umat
manusia mengenal tujuan dan hikmah di baliknya. Para dokter telah membuktikan
bahwa semua anak kecil (terutama yang baru lahir dan menyusu) terancam
kematian, kalau terjadi salah satu dari dua hal: a. Jika kekurangan jumlah gula
dalam darah (karena kelaparan). b. Jika suhu badannya menurun ketika kena udara
dingin di sekelilingnya."'
وَكَانَ الصَّحَابَةُ يَأْتُونَ بِأَطْفَالِهِمْ
لِيُحَنِّكَهُمُ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَجَاءَ الْبَرَكَةِ[10]
4. Memberi nama.
الأَصْلُ جَوَازُ التَّسْمِيَةِ بِأَيِّ
اسْمٍ إِلا مَا وَرَدَ النَّهْيُ عَنْهُ مِمَّا سَيَأْتِي. وَتُسْتَحَبُّ
التَّسْمِيَةُ بِكُلِّ اسْمٍ مُعَبَّدٍ مُضَافٍ إِلَى اللَّهِ سُبْحَانَهُ
وَتَعَالَى، أَوْ إِلَى أَيِّ اسْمٍ مِنَ الأَسْمَاءِ الْخَاصَّةِ بِهِ سُبْحَانَهُ
وَتَعَالَى؛ لأَنَّ الْفُقَهَاءَ اتَّفَقُوا عَلَى اسْتِحْسَانِ التَّسْمِيَةِ
بِهِ.
وَأَحَبُّ الأَسْمَاءِ إِلَى اللَّهِ
عَبْدُ اللَّهِ وَعَبْدُ الرَّحْمَنِ. وَقَالَ سَعِيدُ بْنُ الْمُسَيِّبِ:
أَحَبُّهَا إِلَى اللَّهِ أَسْمَاءُ الأَنْبِيَاءِ.[11]
وَالْحَدِيثُ الصَّحِيحُ يَدُلُّ عَلَى
أَنَّ أَحَبَّ الأَسْمَاءِ إِلَيْهِ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى: عَبْدُ اللَّهِ
وَعَبْدُ الرَّحْمَنِ. وَيَدُلُّ لِذَلِكَ مَا أَخْرَجَهُ مُسْلِمٌ فِي صَحِيحِهِ
عَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَال: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "إِنَّ أَحَبَّ أَسْمَائِكُمْ إِلَى اللَّهِ
عَبْدُ اللَّهِ وَعَبْدُ الرَّحْمَنِ".[12]
وَلِمَا أَخْرَجَهُ أَبُو دَاوُدَ فِي
سُنَنِهِ عَنْ أَبِي الْجُشَمِيِّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُولُ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : (تَسَمُّوا بِأَسْمَاءِ
الأَنْبِيَاءِ، وَأَحَبُّ الأَسْمَاءِ إِلَى اللَّهِ: عَبْدُ اللَّهِ وَعَبْدُ
الرَّحْمَنِ، وَأَصْدَقُهَا: حَارِثٌ وَهَمَّامٌ، وَأَقْبَحُهَا: حَرْبٌ
وَمُرَّةٌ).[13]
وَقَالَ ابْنُ عَابِدِينَ فِي حَاشِيَتِهِ
نَقْلا عَنِ الْمُنَاوِيِّ: إِنَّ عَبْدَ اللَّهِ أَفْضَلُ مُطْلَقًا حَتَّى مِنْ
عَبْدِ الرَّحْمَنِ، وَأَفْضَلُ الأَسْمَاءِ بَعْدَهُمَا مُحَمَّدٌ ثُمَّ أَحْمَدُ
ثُمَّ إِبْرَاهِيمُ.[14]
وَالْجُمْهُورُ عَلَى اسْتِحْبَابِ
التَّسْمِيَةِ بِكُلِّ مُعَبَّدٍ مُضَافٍ إِلَى اللَّهِ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى
كَعَبْدِ اللَّهِ ، أَوْ مُضَافٍ إِلَى اسْمٍ خَاصٍّ بِهِ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى
كَعَبْدِ الرَّحْمَنِ وَعَبْدِ الْغَفُورِ.[15]
وَأَمَّا الْحَنَفِيَّةُ فَهُمْ مَعَ
الْجُمْهُورِ فِي أَنَّ أَحَبَّ الأَسْمَاءِ إِلَى اللَّهِ: عَبْدُ اللَّهِ وَعَبْدُ
الرَّحْمَنِ، إِلا أَنَّ صَاحِبَ الْفَتَاوَى الْهِنْدِيَّةِ قَالَ: وَلَكِنَّ
التَّسْمِيَةَ بِغَيْرِ هَذِهِ الأَسْمَاءِ فِي هَذَا الزَّمَانِ أَوْلَى؛ لأَنَّ
الْعَوَامَّ يُصَغِّرُونَهَا لِلنِّدَاءِ.[16]
وَذَكَرَ ابْنُ عَابِدِينَ فِي
حَاشِيَتِهِ عَلَى الدُّرِّ الْمُخْتَارِ أَنَّ أَفْضَلِيَّةَ التَّسْمِيَةِ
بِعَبْدِ اللَّهِ وَعَبْدِ الرَّحْمَنِ لَيْسَتْ مُطْلَقَةً فَإِنَّ ذَلِكَ
مَحْمُولٌ عَلَى مَنْ أَرَادَ التَّسْمِيَةَ بِالْعُبُودِيَّةِ؛ لأَنَّهُمْ
كَانُوا يُسَمُّونَ عَبْدَ شَمْسٍ وَعَبْدَ الدَّارِ، فَجَاءَتِ الأَفْضَلِيَّةُ،
فَهَذَا لا يُنَافِي أَنَّ اسْمَ مُحَمَّدٍ وَأَحْمَدَ أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ
تَعَالَى مِنْ جَمِيعِ الأَسْمَاءِ، فَإِنَّهُ لَمْ يَخْتَرْ لِنَبِيِّهِ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلا مَا هُوَ أَحَبُّ إِلَيْهِ، هَذَا هُوَ الصَّوَابُ.[17]
وَلا يَجُوزُ تَغْيِيرُ اسْمِ اللَّهِ
بِالتَّصْغِيرِ فِيمَا هُوَ مُضَافٌ . قَالَ ابْنُ عَابِدِينَ : وَهَذَا
مُشْتَهَرٌ فِي زَمَانِنَا حَيْثُ يُنَادُونَ مَنِ اسْمُهُ عَبْدُ الرَّحِيمِ
وَعَبْدُ الْكَرِيمِ أَوْ عَبْدُ الْعَزِيزِ مَثَلا ، فَيَقُولُونَ : رُحَيِّمٌ
وَكُرَيِّمٌ وَعُزَيِّزٌ بِتَشْدِيدِ يَاءِ التَّصْغِيرِ ، وَمَنِ اسْمُهُ عَبْدُ
الْقَادِرِ قُوَيْدِرٌ وَهَذَا مَعَ قَصْدِهِ كُفْرٌ .
فَفِي الْمُنْيَةِ : مَنْ أَلْحَقَ
التَّصْغِيرَ فِي آخِرِ اسْمِ عَبْدِ الْعَزِيزِ أَوْ نَحْوِهِ - مِمَّا أُضِيفَ
إِلَى وَاحِدٍ مِنَ الأَسْمَاءِ الْحُسْنَى - إِنْ قَالَ ذَلِكَ عَمْدًا قَاصِدًا
التَّحْقِيرَ كَفَرَ ، وَإِنْ لَمْ يَدْرِ مَا يَقُولُ وَلا قَصْدَ لَهُ لَمْ
يُحْكَمْ بِكُفْرِهِ ، وَمَنْ سَمِعَ مِنْهُ ذَلِكَ يَحِقُّ عَلَيْهِ أَنْ
يُعَلِّمَهُ ، وَبَعْضُهُمْ يَقُولُ : رَحْمُونٌ لِمَنِ اسْمُهُ عَبْدُ
الرَّحْمَنِ.
ذَهَبَ جُمْهُورُ الْفُقَهَاءِ إِلَى
أَنَّهُ يُسْتَحَبُّ تَسْمِيَةُ الْمَوْلُودِ يَوْمَ السَّابِعِ مِنْ وِلادَتِهِ.
يَرَى الْمَالِكِيَّةُ أَنَّ وَقْتَ
تَسْمِيَةِ الْمَوْلُودِ هُوَ الْيَوْمُ السَّابِعُ مِنْ وِلادَتِهِ بَعْدَ ذَبْحِ
الْعَقِيقَةِ، هَذَا إِذَا كَانَ الْمَوْلُودُ مِمَّنْ يُعَقُّ عَنْهُ، فَإِنْ
كَانَ مِمَّنْ لا يُعَقُّ عَنْهُ لِفَقْرِ وَلِيِّهِ فَيَجُوزُ أَنْ يُسَمُّوهُ
مَتَى شَاءُوا.
قَالَ الْحَطَّابُ: قَالَ فِي الْمَدْخَلِ
فِي فَصْلِ ذِكْرِ النِّفَاسِ: وَيَنْبَغِي إِذَا كَانَ الْمَوْلُودُ مِمَّنْ
يُعَقُّ عَنْهُ فَلا يُوقَعُ عَلَيْهِ الاسْمُ الآنَ حَتَّى تُذْبَحَ
الْعَقِيقَةُ، وَيُتَخَيَّرَ لَهُ فِي الاسْمِ مُدَّةَ السَّابِعِ، وَإِذَا ذَبَحَ
الْعَقِيقَةَ أَوْقَعَ عَلَيْهِ الاسْمَ.
وَإِنْ كَانَ الْمَوْلُودُ لا يُعَقُّ
عَنْهُ لِفَقْرِ وَلِيِّهِ فَيُسَمُّونَهُ مَتَى شَاءُوا. انْتَهَى.
ثُمَّ قَالَ: وَنَقَلَهُ بَعْضُ شُرَّاحِ
الرِّسَالَةِ عَنِ التَّادَلِيِّ، وَأَصْلُهُ لِلنَّوَادِرِ فِي بَابِ
الْعَقِيقَةِ. قَالَ ابْنُ عَرَفَةَ: وَمُقْتَضَى الْقَوَاعِدِ وُجُوبُ
التَّسْمِيَةِ، سُمِعَ ابْنُ الْقَاسِمِ يُسَمَّى يَوْمَ سَابِعِهِ.
قَالَ ابْنُ رُشْدٍ: لِحَدِيثِ: "
يُذْبَحُ عَنْهُ يَوْمَ سَابِعِهِ وَيُحْلَقُ وَيُسَمَّى"[18]
وَفِيهِ سَعَةٌ لِحَدِيثِ (وُلِدَ لِي اللَّيْلَةَ غُلامٌ، فَسَمَّيْتُهُ بِاسْمِ
أَبِي إِبْرَاهِيمَ)[19]
(وَأُتِيَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِعَبْدِ اللَّهِ بْنِ
أَبِي طَلْحَةَ صَبِيحَةَ وُلِدَ فَحَنَّكَهُ وَدَعَا لَهُ وَسَمَّاهُ).[20]
وَيُحْتَمَلُ حَمْلُ الأَوَّلِ عَلَى
مَنْعِ تَأْخِيرِ التَّسْمِيَةِ عَنْ سَابِعِهِ فَتَتَّفِقُ الأَخْبَارُ، وَعَلَى
قَوْلِ مَالِكٍ قَالَ ابْنُ حَبِيبٍ: لا بَأْسَ أَنْ تُتَخَيَّرَ لَهُ الأَسْمَاءُ
قَبْلَ سَابِعِهِ، وَلا يُسَمَّى إِلا فِيهِ.[21]
وَيَرَى الشَّافِعِيَّةُ أَنَّهُ
يُسْتَحَبُّ تَسْمِيَةُ الْمَوْلُودِ فِي الْيَوْمِ السَّابِعِ كَمَا ذَكَرَ
النَّوَوِيُّ فِي الرَّوْضَةِ، وَلا بَأْسَ أَنْ يُسَمَّى قَبْلَهُ، وَاسْتَحَبَّ
بَعْضُهُمْ أَنْ لا يَفْعَلَهُ. وَلا يُتْرَكُ تَسْمِيَةُ السِّقْطِ، وَلا مَنْ
مَاتَ قَبْلَ تَمَامِ السَّبْعَةِ.[22]
هَذَا وَأَمَّا الأَخْبَارُ الصَّحِيحَةُ
الْوَارِدَةُ فِي تَسْمِيَةِ يَوْمِ الْوِلادَةِ ، فَقَدْ حَمَلَهَا الْبُخَارِيُّ
عَلَى مَنْ لَمْ يُرِدِ الْعَقَّ، وَالأَخْبَارُ الْوَارِدَةُ فِي تَسْمِيَتِهِ
فِي الْيَوْمِ السَّابِعِ عَلَى مَنْ أَرَادَهُ.[23]
وَأَمَّا الْحَنَابِلَةُ فَلَهُمْ فِي وَقْتِ التَّسْمِيَةِ رِوَايَتَانِ: إِحْدَاهُمَا: أَنَّهُ يُسَمَّى فِي الْيَوْمِ
السَّابِعِ. وَالثَّانِيَةُ: أَنَّهُ يُسَمَّى فِي يَوْمِ الْوِلادَةِ. قَالَ
صَاحِبُ كَشَّافِ الْقِنَاعِ: وَيُسَمَّى الْمَوْلُودُ فِيهِ أَيْ: فِي الْيَوْمِ
السَّابِعِ، لِحَدِيثِ سَمُرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، وَهُوَ قَوْلُهُ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: (كُلُّ غُلامٍ رَهِينَةٌ بِعَقِيقَتِهِ، تُذْبَحُ
عَنْهُ يَوْمَ سَابِعِهِ، وَيُسَمَّى فِيهِ، وَيُحْلَقُ رَأْسُهُ)[24]
وَالتَّسْمِيَةُ لِلأَبِ فَلا يُسَمِّيهِ
غَيْرُهُ مَعَ وُجُودِهِ.[25]
وَفِي الرِّعَايَةِ : يُسَمَّى يَوْمَ
الْوِلادَةِ؛ لِحَدِيثِ مُسْلِمٍ فِي قِصَّةِ وِلادَةِ إِبْرَاهِيمَ ابْنِهِ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: (وُلِدَ لِي اللَّيْلَةَ مَوْلُودٌ
فَسَمَّيْتُهُ إِبْرَاهِيمَ بِاسْمِ أَبِي إِبْرَاهِيمَ)[26]
هَذَا وَلَمْ يَذْكُرِ ابْنُ عَابِدِينَ وَلا صَاحِبُ الْفَتَاوَى الْهِنْدِيَّةِ
مِنَ الْحَنَفِيَّةِ عِنْدَ الْكَلامِ عَلَى التَّسْمِيَةِ الْوَقْتَ الَّذِي
تَكُونُ فِيهِ.[27]
قَالَ ابْنُ الْقَيِّمِ : إِنَّ
التَّسْمِيَةَ لَمَّا كَانَتْ حَقِيقَتُهَا تَعْرِيفَ الشَّيْءِ الْمُسَمَّى ؛
لأَنَّهُ إِذَا وُجِدَ وَهُوَ مَجْهُولُ الاسْمِ لَمْ يَكُنْ لَهُ مَا يَقَعُ
تَعْرِيفُهُ بِهِ ، فَجَازَ تَعْرِيفُهُ يَوْمَ وُجُودِهِ ، وَجَازَ تَأْخِيرُ
التَّعْرِيفِ إِلَى ثَلاثَةِ أَيَّامٍ ، وَجَازَ إِلَى يَوْمِ الْعَقِيقَةِ عَنْهُ
، وَيَجُوزُ قَبْلَ ذَلِكَ وَبَعْدَهُ ، وَالأَمْرُ فِيهِ وَاسِعٌ.[28]
Termasuk hak seorang anak terhadap orangtua adalah memberi nama yang
baik. Diriwayatkan dari Wahb Al Khats'ami bahwa Rasulullah bersabda: "Pakailah
nama nabi-nabi, dan nama yang amat disukai Allah Ta'ala yaitu Abdullah dan
Abdurrahman, sedang nama yang paling manis yaitu Harits dan Hammam, dan nama
yang sangat jelek yaitu Harb dan Murrah" ( HR.AbË Daud dan An-Nasa'i)
Pemberian nama merupakan hak bapak.Tetapi boleh baginya menyerahkan hal itu
kepada ibu. Boleh juga diserahkan kepada kakek, nenek,atau selain mereka.
Rasulullah merasa optimis dengan nama-nama yang baik. Disebutkan Ibnul Qayim
dalam Tuhfaful Wadttd bi Ahkami Maulud, bahwa Rasulullah Shallallahu
'alaihi wasalam tatkala melihat Suhail bin Amr datang pada hari Perjanjian
Hudaibiyah beliau bersabda: "Semoga mudah urusanmu" Dalam
suatu perjalanan beliau mendapatkan dua buah gunung, lain beliau bertanya tentang namanya. Ketika diberitahu namanya Makhez dan Fadhih, beliaupun
berbelok arah dan tidak melaluinya.[29]
Termasuk tuntunan Nabi mengganti nama yang jelek dengan nama yang baik.
Beliau pernah mengganti nama seseorang 'Ashiyah dengan Jamilah, Ashram dengan
Zur'ah. Disebutkan oleh Abu Dawud dalam kitab Sunan :"Nabi mengganti nama
'Ashi, 'Aziz, Ghaflah, Syaithan, Al Hakam dan Ghurab. Beliau mengganti nama
Syihab dengan Hisyam, Harb dengan Aslam, Al Mudhtaji' dengan Al Munba'its,
Tanah Qafrah (Tandus) dengan Khudrah (Hijau), Kampung Dhalalah (Kesesatan) dengan
Kampung Hidayah (Petunjuk), dan Banu Zanyah (Anak keturunan haram) dengan Banu
Rasydah (Anak keturunan balk)." (Ibid)
5. Aqiqah.
Yaitu kambing yang disembelih untuk bayi pada hari ketujuh dari
kelahirannya. Berdasarkan hadits yang diriwayatkan Salman bin Ammar Adh Dhabbi,
katanya: Rasulullah bersabda: "Setiap anak membawa aqiqah, maka
sembelihlah untuknya dan jauhkanlah gangguan darinya" (HR. Al
Bukhari.) Dari Aisyah Radhiyallahu 'Anha,bahwaRasulullah bersabda: "Untuk
anak laki-laki dua ekor kambing yang sebanding, sedang untuk anak perempuan
seekor kambing" (HR. Ahmad dan Turmudzi).
Aqiqah merupakah sunnah yang dianjurkan. Demikian menurut pendapat yang
kuat dari para ulama. Adapun waktu penyembelihannya yaitu hari ketujuh dari
kelahiran. Namun, jika tidak bisa dilaksanakan pada hari ketujuh boleh
dilaksanakan kapan saja, Wallahu A'lam. Ketentuan kambing yang bisa untuk
aqiqah sama dengan yang ditentukan untuk kurban. Dari jenis domba berumur tidak
kurang dari 6 bulan, sedang dari jenis kambing kacang berumur tidak kurang dari
1 tahun, dan harus bebas dari cacat.
6. Mencukur rambut bayi dan bersedekah perak seberat timbangannya.
رُوِيَ، أَنَّ فَاطِمَةَ بِنْتَ رَسُولِ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَزَنَتْ شَعْرَ الْحَسَنِ
وَالْحُسَيْنِ وَزَيْنَبِ وَأُمِّ كُلْثُومٍ ، وَتَصَدَّقَتْ بِزِنَةِ ذَلِكَ
فِضَّةً.[30] وَقَالَ النَّبِيِّ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِفَاطِمَةَ لَمَّا وَلَدَتِ الْحَسَنَ: "
احْلِقِي رَأْسَهُ، وَتَصَدَّقِي بِوَزْنِ شَعْرِهِ فِضَّةً عَلَى الْمَسَاكِينِ
وَالأَوْفَاضِ"[31]
يَعْنِي أَهْلَ الصُّفَّةِ.[32]
Hal ini mempunyai banyak faedah, antara lain: mencukur rambut bayi dapat
memperkuat kepala, membuka pori-pori di samping memperkuat indera penglihatan,
pendengaran dan penciuman.[33]
Bersedekah perak seberat timbangan rambutnya pun mempunyai faedah yang jelas.
Diriwayatkan dari Ja'far bin Muhammad, dari bapaknya, katanya: "Fatimah
Radhiyalllahu 'anha menimbang rambut Hasan, Husein, Zainab dan Ummu Kaltsum;
lalu ia mengeluarkan sedekah berupa perak seberat timbangannya (HR. Imam
Malik dalam Al Muwaththa')
7. Khitan.
Yaitu memotong kulup atau bagian kulit sekitar kepala zakar pada anak
laki-laki, atau bagian kulit yang menonjol di atas pintu vagina pada anak
perempuan. Diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'Anhu bahwa Rasulullah
bersabda: "Fitrah itu lima: khitan, mencukur rambut kemaluan,
memendekkan kumis, memotong kuku, mencabut bulu ketiak" (HR.
Al-bukhari, Muslim) Khitan wajib hukumnya bagi kaum pria, dan rnustahab
(dianjurkar) bagi kaum wanita. WallahuA'lam.
Inilah beberapa etika terpenting yang perlu diperhatikan dan
dilaksanakan oleh orangtua atau pada saat-saat pertama dari kelahiran anak.
Namun, di sana ada beberapa kesalahan yang terjadi pada saat menunggu
kedatangannya Secara singkat, antara lain:
A. Membacakan ayat tertentu dari Al Qur'an untuk wanita yang akan
melahirkan; atau menulisnya lalu dikalungkan pada wanita, atau menulisnya lalu
dihapus dengan air dan diminumkan kepada wanita itu atau dibasuhkan pada perut
dan farji (kemaluan)nya agar dimudahkan dalam melahirkan. ltu semua adalah
batil, tidak ada dasamya yang shahih dari Rasulullah, Akan tetapi bagi wanita
yang sedang menahan rasa sakit karena melahirkan wajib berserah diri kepada
Allah agar diringankan dari rasa sakit dan dibebaskan dari kesulitannya Dan ini
tidak bertentangan dengan ruqyah yang disyariatkan.
B. Menyambut gembira dan merasa senang dengan kelahiran anak laki-laki,
bukan anak perempuan.
Hal ini termasuk adat Jahiliyah yang dimusuhi Islam. Firman Allah yang
berkenaan dengan mereka: "Apabila seseorang dari merea diberi kabar
dengan (kelahiran) anak, perempuan, hitamlah (merah padamlah) matanya, dan dia
sangat marah; ia menyembunyikan dirinya dari orang banyak, disebabkan buruknya
berita yang disampaikan padanya. Apakah dia akan memeliharannya dengan
menanggumg kehinaan ataukah akan menguburkannya ke dalam tanah (hidup-hidup)?
Ketahuilah, alangkah buruknya apa yang telah mereka lakukan itu"(Surah
An Nahl : 58-59).
Mungkin ada sebagian orang bodoh yang bersikap berlebihan dalam hal ini
dan memarahi isterinya karena tidak melahirkan kecuali anak perempuan. Mungkin
pula menceraikan isterinya karena hal itu, padahal kalau dia menggunakan
akalnya, semuanya berada di tangan Allah 'Azza wa lalla. Dialah yang memberi
dan menolak. Firman-Nya: Dia menciptakan apa yang Dia kehendaki, Dia
memberikan anak-anak perempuan kepada siapa yang Dia kehendaki dan memberikan
anak-anak lelaki kepada siapa yang Dia kehendaki atau Dia menganugerahkan
kepada siapa yang dia kehendaki-Nya, dan dia menjadikan Mandul siapa yang Dia
kehendaki…" (Surah Asy Syura :49-50). Semoga Allah memberikan
petunjukkepada seluruh kaum Muslimin.
C. Menamai anak dengan nama yang tidak pantas.Misalnya, nama yang
bermakna jelek, atau nama orang-orang yang menyimpang seperti penyanyi atau
tokoh kafir. Padahal menamai anak dengan nama yang baik merupakan hak anak yang
wajib atas walinya. Termasuk kesalahan yang berkaitan dengan pemberian nama, yaitu
ditangguhkan sampai setelah seminggu.
D.Tidak menyembelih aqiqah untuk anak padahal mampu melakukannya. Aqiqah
merupakan tuntunan Nabi Shallallahu 'alaihi wasalam, dan mengikuti tuntunan
beliau adalah sumber segala kebaikan.
E. Tidak menetapi jumlah bilangan yang ditentukan untuk aqiqah. Ada yang
mengundang untuk acara aqiqah semua kenalannya dengan menyembelih 20 ekor
kambing, ini merupakan tindakan berlebihan yang tidak disyariatkan. Ada pula
yang kurang dari jumlah bilangan yang ditentukan, dengan menyembelih hanya
seekor kambing untuk anak iaki-laki, inipun menyalahi yang disyariatkan. Maka
hendaklah kita menetapi sunnah Rasul Shallallahu 'alaihi wasalam tanpa menambah
ataupun mengurangi.
F. Menunda khitan setelah akil baligh.Tradisi ini dulu terjadi pada
beberapa suku, seorang anak dikhitan sebelum kawin dengan cara yang biadab di
hadapan orang banyak.
Itulah sebagian kesalahan, dan masih banyak lainnya. Semoga cukup bagi
kita dengan menyebutkan etika dan tata cara yang dituntunkan ketika menerima
kelahiran anak. Karena apapun yang bertentangan dengan hal-hal tersebut,
termasuk kesalahan yang tidak disyariatkan.[34]
[1]
Ibnu
Qayyim Al Jauziyah, Tuhfatul fi Ahkamil Maulud
[2] التَّبَرُّكُ لُغَةً : طَلَبُ الْبَرَكَةِ ، وَالْبَرَكَةُ هِيَ : النَّمَاءُ
وَالزِّيَادَةُ ، فَالْمَعْنَى الاصْطِلاحِيُّ لِلتَّبَرُّكِ هُوَ : طَلَبُ ثُبُوتِ
الْخَيْرِ الإِلَهِيِّ فِي الشَّيْءِ . ابن منظور، لسان العرب ، والمصباح المنير مادة
( برك ) ، والمفردات في غريب القرآن للراغب الأصفهاني .
[3]
[4] HadÊts riwayat al-TirmidzÊ, dan
dikatakan bahwa derajat hadÊts ini shahÊh. Lihat: Tuhfat al-AhwazÊ, jilid
5, hal: 107, Mathba’ah al-FajÉlah
[5] Ummu as-ShibyÉn adalah sejenis
penyakit yang disebabkan oleh Jin. HR AbË Ya’lÉ dan BaihaÊ, Al-ManÉwÊ
mengatakan bahwa isnad hadÊts ini Dha’Êf. Lihat; Tuhfat al-AhwazÊ,
jilid 5, hal: 107, Penerbit al-FajÉlah., Lihat juga: Faidh
al-QodÊr, Penerbit al-Maktabah al-TijÉriyah al-KubrÉ, Jilid 6, hal: 238.
[6] HadÊts Muttafaq ‘Alaihi, al-Lu’luË
wa al-MarjÉn, hal. 114
[7]
ابن شهاب الدين، نهاية المحتاج 1 / 383
ط مصطفى الحلبي 1357هـ، على بن حجر الهيتمي، تحفة المحتاج بشرح المنهاج 1 / 461 ط دار
إحياء التراث، منصور البهوتي، كشاف القناع 1 / 234 ط دار الفكر ، ابن عابدين، رد المحتار
على الدر المختار 1 / 258 ط إحياء التراث 1 / 258 ، عبد الرحمن المغربي، والحطاب، مواهب
الجليل شرح مختصر خليل 1/ 433-434 ط دار الفكر 1 / 433 ـ 434
[8] TahnÊk; melembutkan
sebutir korma dengan dikunyah atau dengan cara yang sesuai lalu dioleskan di
langit-langit mulut bayi. Jika tidak ada korma, maka diolesi dengan sesuatu
yang manis (seperti madu atau gula).
لسان العرب ، والمصباح المنير مادة :
" حنك " .
[9]
HadÊts Riwayat al-BukhÉrÊ dan
Muslim, al-Fath, Jilid 9, hal: 587 Penerbit al-Salafiyah., Muslim,
Jilid 3, No; 1690, Penerbit al-HalabÊ
[10] ابن القيم الجوزية، وزاد المعاد 2 / 124 ، أحمد الشربيني الخطيب، مغني
المحتاج شرح منهاج الطالبين 4/ 296 ط دار الفكر ، صالح عبد السميع الأزهري، جواهر الإكليل
شرح مختصر خليل في مذهب الإمام مالك 1 / 224 ط دار الفكر ، النواويي، شرح صحيح مسلم
للنووي 14/ 122 ط دار إحياء التراث العربي، وحديث : " كان الصحابة . . .
" ورد بلفظ : " كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يؤتى بالصبيان فيبرك عليهم
ويحنكهم " . أخرجه مسلم ( 1 / 237 ـ ط الحلبي ) .. حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ وَأَبُو كُرَيْبٍ قَالا
حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ نُمَيْرٍ حَدَّثَنَا هِشَامٌ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَائِشَةَ
زَوْجِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُؤْتَى بِالصِّبْيَانِ فَيُبَرِّكُ عَلَيْهِمْ وَيُحَنِّكُهُمْ
فَأُتِيَ بِصَبِيٍّ فَبَالَ عَلَيْهِ فَدَعَا بِمَاءٍ فَأَتْبَعَهُ بَوْلَهُ وَلَمْ
يَغْسِلْهُ .
[11] تحفة المودود ص 89 .
[12] حديث :
" أحب أسمائكم إلى الله . . . " أخرجه مسلم ( 3 / 1682 ـ ط الحلبي ) .
[13] حديث : " تسموا بأسماء
الأنبياء . . . " أخرجه أبو داود ( 5 / 237 ـ تحقيق عزت عبيد دعاس ) ، وأعله ابن
القطان كما في فيض القدير لعبد الرءوف المناوي ( 3 / 246 ـ ط المكتبة التجارية ) .
[14] حاشية ابن عابدين 5 / 268
.
[15] عبد
الرحمن المغربي، مواهب الجليل 3 / 256 ، وتحفة المحتاج 9 / 373 ، منصور يونس
البهوتي، وكشاف القناع 3 / 26 .
[16] الفتاوى الهندية 5 / 362 .
دار الفكر
[17] حاشية ابن عابدين 5 / 268
. رد المحتار على الدر المختار 5 / 268 ط إحياء التراث
[18] حديث : " يذبح عنه يوم
سابعه ، ويحلق ويسمى " عن عبد الله بن عمرو بن العاص رضي الله عنهما " أن
النبي صلى الله عليه وسلم أمر بتسمية المولود يوم سابعه ووضع الأذى عنه والعق
" أخرجه الترمذي ( 5 / 132 ط الحلبي ) وحسنه .
[19] حديث : " ولد لي الليلة
غلام فسميته باسم أبي إبراهيم " . أخرجه مسلم ( 4 / 1807 ـ ط الحلبي ) من حديث
أنس بن مالك رضي الله عنه .
[20] حديث : " تسمية عبد الله
بن طلحة . . . " أخرجه البخاري ( الفتح 9 / 587 ـ ط السلفية ) ، ومسلم ( 3 /
1689 ـ ط الحلبي ) .
[21] مواهب الجليل 3 / 256 ط النجاح
، وحاشية العدوي على شرح أبي الحسن لرسالة ابن أبي زيد 1 / 525 ط دار المعرفة .
[22] روضة الطالبين 3 / 232 ط المكتب
الإسلامي ، وحاشية قليوبي 4 / 256 ط الحلبي .
[23] تحفة المحتاج 9 / 373 ط دار
صادر ، ومغني المحتاج 4 / 294 ط دار إحياء التراث العربي ، ونهاية المحتاج 8 / 139
ط المكتبة الإسلامية .
[24] حديث : " كل غلام رهينة
بعقيقة تذبح . . . " أخرجه النسائي ( 8 / 166 ـ ط المكتبة التجارية ) ، والحاكم
( 4 / 237 ط دائرة المعارف العثمانية ) وصححه الذهبي .
[25] كشاف القناع 3 / 25 ، 26 ط
النصر .
[26] (صحيح مسلم)
حَدَّثَنَا هَدَّابُ بْنُ خَالِدٍ وَشَيْبَانُ بْنُ فَرُّوخَ كِلاهُمَا عَنْ سُلَيْمَانَ
وَاللَّفْظُ لِشَيْبَانَ حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ الْمُغِيرَةِ حَدَّثَنَا ثَابِتٌ
الْبُنَانِيُّ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وُلِدَ لِي اللَّيْلَةَ غُلامٌ فَسَمَّيْتُهُ بِاسْمِ أَبِي إِبْرَاهِيمَ
ثُمَّ دَفَعَهُ إِلَى أُمِّ سَيْفٍ امْرَأَةِ قَيْنٍ يُقَالُ لَهُ أَبُو سَيْفٍ فَانْطَلَقَ
يَأْتِيهِ وَاتَّبَعْتُهُ فَانْتَهَيْنَا إِلَى أَبِي سَيْفٍ وَهُوَ يَنْفُخُ بِكِيرِهِ
قَدْ امْتَلأَ الْبَيْتُ دُخَانًا فَأَسْرَعْتُ الْمَشْيَ بَيْنَ يَدَيْ رَسُولِ اللَّهِ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقُلْتُ يَا أَبَا سَيْفٍ أَمْسِكْ جَاءَ رَسُولُ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَأَمْسَكَ فَدَعَا النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِالصَّبِيِّ فَضَمَّهُ إِلَيْهِ وَقَالَ مَا شَاءَ اللَّهُ أَنْ
يَقُولَ فَقَالَ أَنَسٌ لَقَدْ رَأَيْتُهُ وَهُوَ
يَكِيدُ
بِنَفْسِهِ بَيْنَ يَدَيْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَدَمَعَتْ
عَيْنَا رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ تَدْمَعُ الْعَيْنُ
وَيَحْزَنُ الْقَلْبُ وَلا نَقُولُ إِلا مَا يَرْضَى رَبُّنَا وَاللَّهِ يَا إِبْرَاهِيمُ
إِنَّا بِكَ لَمَحْزُونُونَ
[27] حاشية ابن عابدين 5 / 268 ،
269 ط الأميرية ، والفتاوى الهندية 5 / 362 ط المكتبة الإسلامية .
[28] تحفة المودود
ص 88 .
[29] Ibnu Qayim Al Jauziyah, Tuhfatul
Wadud, hal. 41.
[30] حديث أن فاطمة بنت رسول الله صلى الله عليه وسلم " وزنت شعر الحسن
والحسين " . أخرجه مالك في الموطأ ( 2 / 501 ـ ط الحلبي ) وعنه أبو داود في المراسيل
( ص279 ـ ط مؤسسة الرسالة ) من حديث محمد بن علي بن الحسين مرسلا .
[31] حديث : " احلقي رأسه وتصدقي بوزن شعره فضة على . . . " أخرجه
أحمد ( 6 / 390 ، 392 ـ ط الميمنية ) من حديث ابن رافع بإسنادين يقوي أحدهما الآخر
.
[32] مواهب الجليل 3 / 256 ، 257 ط دار الفكر ، والقوانين الفقهية / 192 ط
دار الكتاب العربي ، والجمل 5 / 266 ، ومطالب أولي النهى 2 / 489 ، 490 .
[33] Abdullah Nasih Ulwan, Tarbiyatul
Auladfil Islam, juz 1
[34] Disarikan dari kitab Adab
Istiqbal al Maulud fil Islam, oleh ustadz Yusuf Abdullah al Arifi